Selasa, 29 Januari 2013

Karangsambung

Diposting oleh All My Story di 21.43

Sebelumnya ada yang pernah ke tempat ini? kalau belum gue mau sedikit cerita tentang KKL gue kemaren ke Karangsambung. Jadi gue berangkat jam setengah 7 pagi sama temen-temen prodi gue pake bus dan gue pikir disana cuman liat-liat batuan gitu jadi gue berpakaian sewajarnya, pake celana jeans dan flatshoes biasa. Akhirnya setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam kita sampai di tempat tujuan yaitu karangsambung LIPI sekitar jam 10.30, gue dan temen-temen gue brunch (read : breakfast&luch) --" nah seseudahnya makan kita langsung disuruh naik lagi ke bus buat lanjutin perjalanan,  sepanjang perjalanan gue dapat view yang bagus dan sayang gak difoto karena gue lupa -_- nah jalanan menuju tempat yang bakal bue kunjunginpun bener-bener terjal, pasalnya pinggir kiri itu udah mentok banget masuk area pesawahan dan sungai, jalanannya pun hanya cukup untuk satu bus. Oh ya ternyata kita dikash pemandu juga buat memandu jalan dan mendeskripsikan tempat tersebut. sekitar 20menitan kita sampai tujuan dan berhenti disebuah mesjid, disitu kita dibagi kelompok sama kakak pemandunya. Gue dan teman-teman nomor urut NIM terakhirpun masuk kelompok 2. Disitu gue dipandu sama kakak.......gue lupa siapa namanya haha yang jelas orangnya seperti ini
                                            
Nah ternyata........medan yang dilaluinya itu......area persawahan! otomatis gue dan temen-temen gue nyesel lah ya pake baju a la anak mall -_- nih akibat gue salah kostum sampe kayak gini
dari situ lah perjalanan gue dimulai, mulai dari sepatu gue nyangkut di tanah karena begonya gue malah dengerin orang yang ngomong "udah lah tanggung pake aja sepatunya gak usah dilepas" dan akhirnya sepatu gue babak belur gitu. Tapi kesempatan juga sih buat minta beliin sepatu baru ke nyokap hahha.
sesampainya di tempat kunjungan pertama gue yaitu di sebuah sungai disitu kakak pemandunya bilang kalau ini tuh dulunya lantai tengah samudra. nah bukti-bukti ini adalah Lantai tengah samudra yaitu..... ini dia fotonya
ket : foto sebelah kiri : Batuan sedimen berwarna merah (Rijang)
foto sebelah kanan : batuan beku
Nah, ini adalah salah satu bukti karangsambung yang dulunya bekas lautan/lantai tengah samudra. Karena Batuan sedimen yang berwarna merah ini (batu Rijang) terdapat pada kedalaman 20km di dasar laut. Bila kalian menyelam sampai kedalaman 20km kalian dapat menemukan batu rijang seperti gambar diatas. Dan pada gambar sebelah kanan merupakan batuan beku yang berasal dari lelehan magma yang membentuk seperti tumpukan bantal yang kemudian jatuh pada permukaan dasar laut yaitu Batu Rijang.
Nah setelah dari situ gue dan kelompok 2 kembali lagi ke bus dan melanjutkan ke tempat tujuan yang ke 2. Sekitar 10 menit kita sampai di tempat tujuan ke 2 yaitu tempat dimana terdapatnya batuan serpentinit. Ini dia gambarnya
ket : batu serpentinit
Nah tiba ke lokasi yang ke 2 terdapat batu serpentinit dengan kilap lilin, nah batu ini kalau dipegang agak lengket karena akibat perubahan basalt dasar laut yang bertekanan tinggi pada temperatur rendah jadi kalau kita coba menempelkan batu ini pada lidah kita akan nempel.
Selanjutnya kita naik lagi ke bus menuju lokasi ke 3 yang tidak jauh dari lokas ke 2. Sesampainya di lokasi ke 3 gue menemukan keindahan alam yang LUAR BIASA! Allah menciptakan keindahan alam seperti ini.ini dia fotonya


ini hanya foto loh, bukan aslinya. Aslinya jauh lenih bagus dari ini!!!!
Nah di lokasi ke 3 kakak pemandu gak akan menjelaskan tentang batuan, kali ini tentang Geomorfologi!
Nah disini gue lupa gak ambil foto perbukitan di sebelah kanan, tapi gue foto perbukitan yang disebelah kanan doang yaitu pada foto pertama. Jadi perpukitan karangsambung itu dulunya berbentuk Dome. Karena akibat proses eksogen yang mengikis perbukitan itu sekarang menjadi Sinklinal, tapi perbukitan di karang sambung ini masih disebut antiklinal karena, dulunya berbentuk dome. Perbukitan yang disebelah kanan yang gak gue foto itu adalah perbukitan tertua, sedangkan pada foto pertama adalah perbukitan yang masih muda.
setelah kakak pemandu menjelaskan berbagai macam teori super dan deskripsi dari perbukitan tersebut tibalah saatnya untuk kembali ke tempat asal tadi.
Disana gue dan temen-temen disuruh masuk ke tempat souvenir dan akhirnya gue membeli souvenir yang tersedia disana. ini dia souvenirnyaa...
walaupun ini batuan, tapi dari sini insyaAllah gue bakalan bisa tau bentuk dan jenis-jenis batuannya. Semoga apa yang gue beli ini bisa bermanfaat pada suatu hari nanti :-"
Nah setelah gue dari tempat souvenir gue dan temen-temen disuruh ke aula buat dengerin persentasi dari karyawan LIPI tentang karangsambung itu sendiri, harusnya persentasi ini dilakukan pertama, tapi berhubung tempat yang kita tuju itu pas kesana hujan dan gak jadi dapet materi-materi yang disampaikan oleh kakak pemandu jadi persentasinya terakhir. Mungkin berhubung gue dan temen-temen udah capek banget jadi pas persentasi gak ada yang bertanya. Miris.
Selesainya persentasi, kita disuruh masuk ke musium. Muka lemes dan pengen pulangpun dirasakan oleh temen-temen karena hasil ngebolang seharian. Tapi kita menyempatkan untuk foto-foto di musium tersebut. ini dia foto gue satu-satunya di musium tersebut karena gue udha gak mood buat difoto, muka udah kucel dan badan juga udah bau gak jelas.
nahkan gue salah kostum --"
oh ya gue juga sempet foto batuan-batuan yang ada di musium. Ini dia fotonyaaa....





Nah itu dia sebagian foto-foto yang ada di musium. Sesudah dari musium kita langsung menuju bus untuk pergi ke tempat makan untuk makan sore sekaligus malam -__-
Sesudah makan perjalananpun dilanjutkan untuk pulang ke kost dan rumah masing-masing. itu lah cerita dari karangsambung yang menyenangkan sekaligus mengesalkan karena salah kostum. Sampai di kost gue langsung mandi dan tidur karena tepar habis ngebolang tadi.
semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua yang belum ke karangsambung :-)

0 komentar:

Posting Komentar

 

HALLO! Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea